Rabu, 18 November 2009

7 Tips terhindar penipuan berkedok undian

7 Tips terhindar penipuan berkedok undian :

1. Setiap penyelenggaraan undian berhadiah, pihak penyelenggara tidak pernah meminta uang muka/biaya apapun kepada pemenang melalui transfer bank.

2. Jangan mudah tergiur dengan adanya informasi yang menyatakan anda sebagai pemenang dan jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan sebelum mendapat informasi yang jelas dan akurat.

3. Coba untuk mengingat apakah anda pernah ikut program undian, kuis atau sejenisnya apabila tidak sebaiknya abaikan saja.

4. Pemberitahuan pemenang undian tidak pernah dilakukan melalui SMS, tetapi diumumkan melalui media cetak atau melalui surat resmi yang sah dan secara tertulis.

5. Waspada terhadap segala bentuk undian, cek dan ricek keabsahan suatu penyelenggaraan undian baik yang diumumkan melalui media cetak/elektronik atau surat pos ataupun leaflet/brosur.

6. Jangan pernah menghubungi no telp/hp yang telah ditentukan oleh pelaku/oknum

7. Tidak ada hadiah yang dilelang, hadiah yang tidak diambil diserahkan ke departemen sosial.
Sumber : Depsos telp (021)3100468 dalam Kompas (14/11/09) hal 56



Komentar: sebaiknya kita memang harus Mewaspadai bentuk-bentuk tipuan yg berkedok undian dan promo berhadiah baik melalui surat pos, kupon palsu dalam produk, sms dan lain-lain.juga Tolak /hindari berbicara,mendengarkan dan kontak mata dg ybs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Day's Today