Rabu, 06 Januari 2010

Yuk, Bersantai di 'Hutan' Stroberi

DEWASA ini ada beberapa restoran atau rumah makan yang berusaha 'keluar' dari pakem konvensional. Mereka membuat rumah makan yang bukan hanya sebagai tempat menuntaskan lapar dan dahaga saja, tetapi juga sekaligus sebagai tempat hiburan dan bersantai.

Salah satunya adalah Strawberry Cafe. Kafe ini bisa dibilang cukup unik, karena tidak saja menyajikan makanan dan minuman dari buah stroberi, tetapi juga menyediakan fasilitas seperti aneka permainan yang bisa dipinjam oleh para tamu saat berkunjung ke kafe tersebut. Ada sekitar 500 jenis permainan yang berasal dari Amerika dan Eropa.

Memasuki kafe, kita serasa masuk ke hutan yang dipenuhi tanaman stroberi. Pohon-pohon dari kayu asli ditata menyerupai hutan yang lebat. Di setiap pohonnya bergelantungan buah stroberi dan beberapa boneka binatang, seperti burung atau monyet. Di salah satu sudut kafe ada lemari pajang yang berisi berbagai macam pernik-pernik berbentuk stroberi. Kebetulan pemiliknya m emang sangat menyukai barang-barang berbau stroberi.

Penyajian beberapa menu cukup unik, ditambah dengan penamaan yang tidak biasa. Ada Strawberry Volcano, minuman yang terbuat dari red wine dari Perancis dikombinasikan dengan buah stroberi segar dan susu segar dari Australia.

Penyajiannya memakai dua gelas. Gelas atas untuk penempatan jus sedangkan di bawah ada gelas bening untuk meletakkan hiasan gunung berapi. Ketika dihidangkan, tampilannya seperti kawah gunung berapi yang sedang meletus mengeluarkan lahar.

Ada juga penyajian jus dengan gelas yang di bawahnya diberi ikan hidup, jadi seperti di akuarium. Bila mau, pengunjung juga bisa membawa pulang ikan tersebut. Jenis minuman ini jus tetapi dengan sedikit beraroma rum. Dekorasi lainnya ada kembang api.

Tersedia juga permainan yang menggunakan minuman, namanya Russian Roulette. Bentuknya seperti permainan rolet dengan pistol sebagai pemutarnya. Di sekelilingnya ada tujuh gelas kecil berisi jus stroberi dengan aneka macam rasa dari manis, asam, sampai pedas. Siapa yang mendapat giliran memutar dan berhenti di gelas yang ditunjuk oleh pistol itu maka harus menghabiskan isinya.

Buku menunya juga unik, terbuat dari kayu berbentuk buah stroberi, dengan panjang kurang lebih 50 cm. Kalau dibawa lumayan berat juga.

Sementara itu, untuk makanan beratnya bisa dicoba nasi goreng stroberi dan spaghetti stroberi.

Kostum sesuai tema
Menurut Putra Priyadi, pemilik Strawberry Cafe, dari 140 macam menu yang ditawarkan, sekitar 90 persen menggunakan bahan dasar stroberi. Seluruh buah itu merupakan hasil kebun milik sendiri di daerah Bogor. "Kami memakai bibit stroberi dari Jepang sehingga rasaya manis dan sedikit asam. Daging buahnya lebih kuat dan wanginya lebih tajam ketimbang bibit dari California," katanya.

Sebagai makanan pembuka bisa dicoba Buffalo Chicken Crisper (sayap ayam) yang disajikan bersama tujuh macam saus, mulai dari rasa manis, asam, hingga pedas. Pada saat menyajikan, si pelayan akan membawa boneka ayam dan memencet boneka itu sehingga mengeluarkan teriakan ayam.

Untuk makanan yang manis sebagai penutup bisa dipilih strawberi flambe, buah stroberi segar yang disajikan di piring yang disusun seperti air mancur, lalu dituangi dengan lelehan cokelat yang sudah dicampur dengan rum.

Yang juga menarik, para pelayan kafe ini memakai kostum yang disesuaikan dengan event yang sedang berlangsung. Misalkan pada saat perayaan Haloween maka kostumnya seperti setan dengan rambut palsu yang berwarna merah. Kalau tidak ada kegiatan tertentu maka Putra pun membuat tema sendiri.

Semua menu yang ditawarkan harganya berkisar Rp 8.000-Rp 30.000 per porsi. Kalau Anda maniak dengan pernik-pernik stroberi, kafe ini juga menyediakan beragam pernik, mulai dari jepit rambut, alat tulis, boneka, hiasan meja, hingga permaian seperti monopoli dan sebagainya.

Sumber:Kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

The Day's Today