Jumat, 25 September 2009

Berhati-hati bila Service Handphone

Menurut pengalaman kebanyakan orang, anda harus lebih berhati-hati dalam memilih tempat service handphone yang tersebar di jalan-jalan atau mal, banyak teman saya yang servis di sembarang tempat bukannya malah tambah sembuh tu ponsel malahan tambah rusak. Hati-hati memilih tempat servis karena ada tempat service handphone yang sengaja memperparah kerusakan ponsel dengan mengganti spare part anda. Kemudian dengan alasan spare part rusak, ia meminta anda untuk membayar biaya lebih untuk membeli spare part yang baru.

Untuk menghindari aksi yang merugikan ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda menservis ponsel :

1. Minta ke tukang
service untuk menunjukan serta menjelaskan kerusakan yang dialami ponsel, serta spare part mana yang harus diganti. Tanyakan berapa harga spare part-nya serta berapa lama waktu yang diperlukan untuk memperbaikannya.


2. Tanyakan berapa lama garansi ponsel berlaku setelah diperbaiki dari tempat
servis handphone tersebut, hal ini untuk menghindari kerugian uang jika ternyata ponsel belum juga beres dan anda masih harus kembali lagi.

3. Ketika meninggalkan ponsel anda di tempat servis, usahakan anda untuk memberi ciri pada ponsel, apalagi misalnya di kota besar harus lebih hati-hati karena "kelihaian" orang bermacam-macam, jadi harus berhati-hati terhadap
service hanphone Jakarta.

4. Untuk mengetahui
ponsel anda benar-benar telah diganti spare part-nya,mintalah spare part yang rusak sebagai buktinya.

5. Kalau bisa anda tidak usah memperbaiki di toko ponsel yang kecil, yang tidak menyediakan teknisi yang benar-benar bisa memperbaiki ponsel. Akan lebih baik lagi jika kita mengerti, misalnya bagi yang pernah mengikuti
kursus service handphone.

6. Jangan lupa untuk mencatat segala kerusakan serta spare part yang diganti dan harganya untuk menghindari penambahan ongkos dari harga yang telah diberikan untuk perbaikan.
Komponen Ponsel yang sering diambil oleh tukang servis dan diganti

1. Liquid Crystal Display ( LCD )

2. Badan Mesin

Badan mesin dapat diganti dengan jenis mesin ponsel yang mirip, tetapi kinerjanya lebih buruk ketimbang mesin ponsel anda.

3. Konektor Charger

4. Integrated Circuit ( IC )

Mesin ponsel HP terdiri dari beberapa IC yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Spare part ini berbentuk kotak hitam ini cukup mahal harganya, dan kebanyakan kalo harus membeli di toko kualitasnya belum tentu sebaik yang original

5. Speaker

Tukang
servis handphone biasanya suka mengganti speaker asli, karena speaker bawaan suaranya lebih jernih dibandingkan speaker yang dijual dipasaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

The Day's Today