Jumat, 02 Oktober 2009

MONEY GAME BERMUNCULAN

1. Setujukah anda dengan bisnis money game diatas. Uraikan argumen anda!

Tidak setuju, bisnis money game hanya menguntungkan pada anggota yang bergabung di awal pendirian usaha, karena para pendiri tentu saja menyetorkan uang diawal dalam jumlah yang cukup besar, maka jumlah komisi yang akan diterima pun cukup besar. Sedangkan bagi anggota terakhir mereka akan merugi karena kebanyakan mereka tidak mampu membayar komisi kepada sejumlah anggota yang terekrut dikarenakan tidak mampu lagi memperoleh uang.

2. Evaluasilah argumen pihak yang terkait dengan bisnis ini!

Muhamad Tarigan Menyatakan ”meski tidak mengantungi legalitas,praktik money game terus bermunculan di indonesia”

Komentar : Karena Depdag selalu berpatokan pada definisi MLM dalam mengeluarka SIUPL ( Surat Izin Usaha Penjualan Langsung ), maka setiap hari pasti akan ada saja perusahaan yang tetap menjalannkan bisnis money game nya..oleh karena itu sebaiknya Depag bisa melakukan tindakan sosialisai kepada masyrakat atas dampak – dampak negatif yang akan ditimbulkan dari bisnis money game tersebut dan agar money game yang ada di Indonesia tidak sembarangan disalahgunakan.

Helmy Attamimi selaku ketua APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia ) mengatakan ”organisasinya berupaya melaporkan kepada Depdag jika ada usaha MLM yang disalahgunakan sebagai bisnis money game”

Komentar : Ada baiknya didalam suatu organisasi tidak hanya melaporkan suatu masalah, tetapi sebaiknya diproses lebih lanjut agar tidak ada lagi korban yang terjerat akan MLM yang terselubung.

  1. Mengapa bisnis money Game bisa tumbuh subur di indonesia?

Karena, masyarakat kita mudah sekali terjerat oleh bujuk rayuan dari para pelaku bisnis money game yang berkedok sebagai bisnis MLM. Masyarakat golongan ekonomi kelas menengah lah yang biasanya paling banyak dijerat oleh praktik money game.

MLM itu sendiri dikenal sebagai bisnis yang menawarkan kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan banyak uang dibandingkan dengan bisnis lain dan pekerjaan lain. MLM juga menawarkan fleksibilitas dan kebebasan mengatur waktu, beberapa jam seminggu menghasilkan tambahan pendapatan yang besar dan dapat berkembang menjadi sangat besar.

Perusahaan yang menjalankan bisnisnya dengan sistem MLM tidak hanya sekedar menjalankan penjualan produk barang tetapi juga produk jasa yaitu jasa marketing yang berlevel-level (bertingkat-tingkat) dengan imbalan berupa marketing fee, bonus dan sebagainya tergantung level, prestasi penjualan dan status keanggotaan distributor. Sebagian kecil itulah yang bisa membuat money game dapat bertahan di Indonesia.

4. Haruskah bisnis ini dilarang. Jelaskan argumen anda dari sudut pandang "bisnis sebgai profesi yang luhur"?

Bisnis money game sebaiknya dilarang. Karena bisnis tersebut tidak tercakup didalam usaha yang diatur Depdag, bahkan dilarang oleh instansi pemerintah. Selain itu Bisnis tersebut sangad merugikan bagi masyarakat yang bergabung di dalamnya, kerena hanya menguntungkan pada anggota yang bergabung di awal pendirian usaha

5. Bagaimana pandangan anda terhadap prinsip etika bisnis. what is legal is ethical. ( Asal tidak melanggar hukum yang etis )?

Tidak setuju..Etika bisnis merupakan etika yang berlaku dalam kelompok para pelaku bisnis dan semua pihak yang terkait. Didalam etika bisnis sendiri terdapat prinsip –prinsip dan segala sesuatunya diatur menurut hukum. Jadi setiap bisnis yang dijalankan harus sesuai dengan hukum yang berlaku.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

The Day's Today