Jumat, 02 Oktober 2009

Makanan Khas Pekalongan

1. Nasi Megono
Kota pekalongan terkenal dengan makanan khasnya yang disebut Megono, yaitu sejenis lauk yang terbuat dari nangka muda yang dicincang halus dicampur dengan urapan kelapa parut dan sambal urapan. Dengan ramuan rempah yang lebih komplit dengan rasa sedikit pedas dan aroma bunga combrang dan irisan serai, menimbulkan rasa yang khas. Megono ini sangat enak dan cocok sebagai lauk sarapan pagi, cocok juga dipadu dengan lauk apapun juga. Bahkan hanya ditemani dengan tempe goreng, dan sambal kecap, yang rasanya sungguh sangat nikmat. Dipekalongan Nasi Megono sangat mudah dijumpai.

2. Tauto
Tauto adalah makanan khas pekalongan sejenis Soto. Hanya saja untuk tauto bumbunya ditambah dengan Taucho, yaitu sejenis penyedap semacam saus yang mempunyai aroma khas dan bahan pembuatnya dari kedelai. Seperti halnya dengan soto, Tauto juga dicampur dengan daging dan jeroan serta so'on (sohun) enak sebagi lauk nasi namun lebih enak dimakan dengan lontong.


3. Garang Asam
Garang asam adalah makanan sejenis rawon, khas dari daerah pekalongan. Tetapi untuk Garang Asam , kuahnya diberi banyak tomat, sehingga memberian rasa asam namun segar. Garang asam biasanya dicampur dengan daging, jerohan atau telur. Biasanya Garang asam dimasak agak pedas, sehingga rasanya tambah nikmat. Dikota pekalongan Garang asam banyak sekali djumpai diwarung - warung terutama pada siang hari.

4. Keripik Tahu
Seperti halnya tempe, tahu pun bisa dibuat keripik.Bumnu dan pembuatan caranya tak jauh berbeda. Dengan kerenyahan dan kenikmatan rasanya,membuat keripik tahu cocok buat lauk (sebagai pengganti kerupuk) dan cocok juga untuk makanan cemilan. Keripik tahu banyak dijumpai ditoko-toko makanan didaerah ekalongan dan sekitarnya.

sumber: BatikMarkets,batik-tradisional




5 komentar:

  1. ***saya pernah makan Garang Asam dengan Nasi Megono dipinggir alun-alun kota pekalongan. Awalnya sih gak tahu, apasih Garang Asam itu? dengan rasa penasaran saya mencobanya,, wuiii saat disajikan masih dalam keadaan yang sangat panas, dan ternyata rasanya sangat enak..pedas,asem gimana gitu,kuahnya seger banget. Gak heran kalo warung makan tersebut sangat ramai, butuh menunggu cukup lama untuk bisa mencicipi Garang Asam dan Nasi Megononya..

    BalasHapus
  2. emang enak jadi inget di alun alun depan masjid jami'

    arisjiena.cjb.net

    BalasHapus
  3. Ayam komoh dengan bumbu khas pasuruan meresap sampai sampai kedalam dalamnya bakar boleh,goreng boleh n oven jadi pengen nambah.. mmm... lokasi timur terminal baru pekalongan 500m selatan jalan (100m setelah yamaha puri kencana sakti)... sedapnya sampe tulang....(alhamdulillah sudah masuk suara merdeka 10 feb 2011) layanan pesan antar hub 8173717 fax 4493253

    BalasHapus
  4. nang njarkata sing ono dodolan megono ngendi

    BalasHapus
  5. Luwih sedep nek ono gambare mbak yu :D

    BalasHapus

The Day's Today