Jumat, 25 Desember 2009

KARAKTERISTIK SELEBRITAS SEBAGAI MODEL IKLAN (CELEBRITY ENDORSER)

KARAKTERISTIK SELEBRITAS SEBAGAI MODEL IKLAN (CELEBRITY ENDORSER)

Dalam era globalisasi persaingan bisnis semakin dinamis, kompleks, dan serba tidak pasti, bukan hanya menyediakan peluang tetapi juga tantangan. Begitu pula tantangan yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan untuk selalu mendapatkan cara terbaik guna merebut dan mempertahankan pangsa pasar. Setiap perusahaan dalam industri ini berusaha untuk menarik perhatian (calon) konsumen melalui pemberian informasi tentang produk.
Bintang televisi, aktor film, dan atlit terkenal banyak digunakan dalam iklan majalah, maupun TV komersial untuk mendukung suatu produk. Bintang iklan (celebrity endorser) berperan sebagai orang yang berbicara tentang produk, yang akan mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen yang menunjukkan pada produk yang didukungnya (Shimp, 2003). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan produk meningkat akibat penggunaan selebritas sebagai model iklan (celebrity endorser), sikap dan persepsi konsumen bertambah ketika selebritas mendukung produk tersebut (Shimp, 2003).
Bintang iklan tidak hanya muncul dalam sinetron atau acara gosip artis (infotainment) yang sekarang marak di televisi, tetapi juga dalam iklan sebagai pendukung merek (endorser). Mereka tampil pula sebagai presenter, co-presenter (untuk menyeimbangkan sosok serius pakar), dan bintang tamu dalam berbagai program. Tidak heran kita menjadi akrab dengan wajah mereka. Kita mengenal mereka, mulai dari sinetronnya, video klip-nya, atau tentang program teve-nya, penampilan pada website, juga tentang problem rumah tangganya, rumah barunya, sampai tingkat pengetahuan umumnya.
Karakteristik selebritas sebagai model iklan tersebut mencakup, keahlian (expertise) mengacu pada pengetahuan, pengalaman, atau ketrampilan yang dimiliki seorang pendukung yang berhubungan dengan topik iklannya. Kepercayaan (trustworthiness) mengacu pada kejujuran, integritas dan dapat dipercayainya seorang sumber. Daya tarik (attractiveness) daya tarik bukan hanya berarti daya tarik fisik, meliputi sejumlah karakteristik yang dapat dilihat khalayak dalam diri pendukung, kecerdasan, sifat-sifat kepribadian, gaya hidup, keatletisan tubuh, dan sebagainya (Shimp, 2003).
Salah satu alat yang digunakan perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli dan masyarakat yang umum adalah periklanan. Jika model iklan yang dipilih adalah dari kalangan selebritis, artis maupun tokoh terkenal harus mampu mewakili karakteristik produk. Setiap artis memiliki karakter tersendiri, mungkin karakter itu terbentuk lewat peran-peran yang dimainkannya dilayar kaca, mungkin pula karakter itu terbangun lewat kehidupan pribadinya. Personifikasi merek pernah mengatakan merek 3
memang terdiri dari dua macam elemen, yaitu rasional dan emosional. Elemen rasional adalah apa yang dikerjakan, diucapkan, dan ditujukan oleh merek itu sendiri. Sedangkan elemen emosional adalah bagaimana merek tersebut dapat mengekspresikan, mengucapkan, mempertunjukkan atau menjanjikan dirinya. Elemen emosional ini ditentukan oleh apa yang disebut personalitas merek atau dikenal dengan istilah Brand Image. Penggunaan endorser dari kalangan selebritis adalah sebagian dari aspek emosi tadi. Kesamaan karakter antara image selebritis selaku endorser dengan produk yang diiklankan secara emosionlal jauh lebih menggugah konsumen untuk memilih merek atau produk yang bersangkutan. Dengan Melihat fenomena semakin banyaknya iklan shampoo yang menggunakan selebritas sebagai daya tarik utama dalam iklannya.

Pertanyaan saya,,apakah para selebritis yang jadi bintang iklan itu memakai produk yang diiklaninnya?
kalau menurut saya,ada yang memakai ada yang enggak .Tapi banyakan yang nggak makenya kayaknya .:)
saya rasa juga tergantung perjanjian antara pihak produk dengan bintang iklannya. biasanya kan ada kontrak-kontrak tertentu yg disepakati. mungkin anak advertising yang lebih ngerti masalah kaya gini.. :)
mungkin juga tergantung produk'a,karena bintang iklannya biasanya dapet gratisan dari produk yang dia bintangi..:)

6 komentar:

  1. Hi, the whole thing is going sound here and ofcourse every one is sharing information, that's in fact fine, keep up writing.

    Look into my web blog; frankrijk

    BalasHapus
  2. Hey There. I found your blog using msn. This is a really
    well written article. I will make sure to bookmark it and
    come back to read more of your useful info. Thanks for the
    post. I will certainly comeback.

    Look into my site france travel warning state department

    BalasHapus
  3. I have learn a few good stuff here. Certainly price bookmarking for revisiting.

    I wonder how much effort you place to make one of these fantastic informative web site.


    My web blog; luxe vakantiewoningen frankrijk huren

    BalasHapus
  4. Please let me know if you're looking for a writer for your blog. You have some really great posts and I think I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd absolutely love to
    write some articles for your blog in exchange for a link back to mine.
    Please shoot me an email if interested. Thank you!


    Feel free to surf to my blog post; luxe vakantiewoningen huren

    BalasHapus
  5. I was suggested this website by my cousin. I am now not positive whether this submit is written by him as nobody else recognise
    such special about my trouble. You are wonderful!
    Thank you!

    Also visit my site :: vakantiehuisjes huren

    BalasHapus

The Day's Today