Kamis, 24 Desember 2009

Pesrsaingan di industri Telekomunikasi

Pesrsaingan di industri Telekomunikasi

Seiring dengan semakin derasnya arus globalisasi, yang didalamnya dituntut adanya pertukaran informasi yang semakin cepat antar daerah dan negara, membuat peranan telekomunikasi menjadi sangat penting. Telekomunikasi sebagai wahana bagi pertukaran informasi akan semakin memperhatikan aspek kualitas jasa. Selain itu perkembangan di bidang dunia informasi saat ini begitu cepat, baik dilihat dari isi maupun teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi.
Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang cepat berkembang, seiring dengan berkembangnya industri elektronika dan komputer. Trend teknologi telekomunikasi ini semakin ke arah teknologi wireless (tanpa kabel). Ada beberapa indikasi yang dapat dilihat pada proses perkembangan teknologi wireless. Indikasi tersebut adalah: beralihnya ke teknologi digital, semakin besar kapasitas, semakin sederhana perangkatnya, perluasan daya jangkau, keamanan dan privacy lebih baik, personalitas dan penambahan fasilitas yang lain. Arah perkembangan teknologi wireless, semuanya menuju ke teknologi Mobile Telecommunications System. Teknologi tersebut dapat didekati dari teknologi cordless, cellular (seluler) maupun satelit. Evolusi teknologi telekomunikasi saat ini mempunyai kecenderungan untuk beralih via radio, optik atau satelit.
Telekomunikasi seluler sangat cepat mengalami difusi teknologi yang dikarenakan keterbatasan dari teknologi telekomunikasi konvensional yang memerlukan waktu lama untuk pengembangan jaringan begitu juga waktu tunggu untuk memperoleh sambungan bagi pelanggan. Hubungan antara persaingan dan difusi dalam literatur ekonomi sering dinyatakan dalam difusi dari inovasi teknologi yang pada umumnya makin banyak jumlah perusahaan maka akan semakin cepat terjadi difusi inovasi. Tidak seperti dalam industri telekomunikasi konvensional yang kebanyakan masih mengikuti struktur pasar monopoli alamiah, telekomunikasi seluler sejak beralih dari analog ke digital struktur pasar monopoli tidak dapat dipertahankan lagi. Inovasi teknologi telah meningkatkan efisiensi dalam menggunakan spektum gelombang radio dan akhirnya makin besar ukuran pasar baik bagi pelanggan maupun operator. Lebih jauh dapat dikatakan bahwa meningkatnya potensi pasar akan mendorong banyak operator yang masuk ke industri ini. Ada dua alasan yang sering dikemukan untuk menjelaskan hal ini:
• Perkembangan teknologi akan mendorong banyak perusahaan masuk ke pasar.
• Persaingan di pasar akan meningkat seiring dengan kecepatan difusi teknologi
telekomunikasi seluler ini.
Teknologi digital telah membuka peluang untuk meningkatkan kapasitas keseluruhan sistem karena lebih efisien dalam penggunaan spektrum. Hal ini akan memungkinkan lebih dari satu operator untuk mengeksploitasi skala ekonomis. Secara umum struktur pasar telekomunikasi seluler menjadi duopoli atau oligopoli. Karena makin cepat perkembangan 5 teknologinya dan kendala kapasitas makin berkurang, maka semakin banyak perusahaan yang dapat masuk ke pasar dan akan meningkatkan derajat persaingan.
Untuk mengetahui trend industri telekomunikasi yang ada, kita harus mengetahui terlebih dahulu struktur lingkungan industrinya. Lingkungan industri adalah tingkatan dari lingkungan eksternal perusahaan yang menghasilkan komponen-komponen yang secara normal memiliki implikasi yang relatif lebih spesifik dan langsung terhadap operasi perusahaan. Perkembangan suatu industri tidak terlepas dari persaingan para pelaku didalamnya. Struktur industri mempunyai pengaruh yang kuat dalam menentukan aturan permainan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

The Day's Today